APA MAKSUD DARI ULUL AMRI

22 Des

Tanya: Al-Quran 4 : 59 menerangkan, YAA AYYUHALLADZIINA AAMANUU ATHII’ULLOOHA WA ATHII’URROSUULA WA ULIL AMRI MINKUM. Mohon penjelasan siapakah yang dimaksud ulul amri di atas?

 

Jawab: Arti dari ayat tersebut di atas adalah: “Hai orang – orang yang beriman, taatlah kepada Alloh, taatlah kepda Rosul, dan kepada ulil amri dari golongan mu (dari orang – orang yang beriman).

Uluu atau ulil secara lughoh artinya mempunyai (pemilik) al amri artinya urusan. Ulil amri bentuk jamak mufrodnya dzuu, tidak mempunyai mufrod dari lafaznya.

Syekh Muhammad Abduh menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan ulil amri adalah:

“Jamaa’ah ahlul halli wal ‘aqdi (himpunan kaum muslimin yang mempunyai hak mengikat dan membuka (ikatan) yang terdiri atas para pemimpin pemerintah, hakim, ulama, pemimpin militer dan zu’ama. Yaitu mereka yang menjadi tempat kembalinya permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan dan kemaslahatan umat dan rakyat.”

Ulil amri itu adalah jama’ah, mereka itu terdiri dari bermacam – macam ahli yang mendapat kepercayaan umat, bukan perseorangan. Dan kholifah (imam) itu termasuk salah satu dari al jamaah. Kholifah wajib bermusyawarah dengan jamaah (ulil amri).

Selanjutnya Syekh Muhammad Abduh menjelaskan: “Maka apabila mereka telah bersepakat atas suatu perkara atau hukum, maka wajib ditaati dengan syarat bahwa mereka dari golongan kita (mukminin), dan keputusan mereka tidak menyalahi aturan Alloh dan perintah Rosululloh saw yang diketahui dengan mutawatir, dan hendaklah mereka bebas dalam pembahasannya dan persepakatannya, dengan syarat bahwa yang mereka sepakati itu urusan kemaslahatan umum yaitu urusan ulil amri mempunyai kekuatan untuk memutuskannya. Adapun urusan ibadah dan ‘itiqod (akidah) keagamaan tidak ada kaitannya dengan urusan ahlul halli wal ‘aqdi, tapi hal itu diambil dalilnya dari Alloh swt dan Rosul-Nya (Al-Quran dan Hadits saja).”

Walloohu a’lam  

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: