METODE BELAJAR CEPAT BAHASA INGGRIS

20 Des

METODE BELAJAR CEPAT BAHASA INGGRIS (ASING)

Beberapa metode yang sering digunakan dalam mengajar dan mempelajari bahasa asing adalah:

1. PLLS (Pimsler Language Learning System) atau disebut juga Metode Pimsler, dikenalkan oleh Dr. Paul Pimsler. Metode ini menekankan pada pembelajaran bahasa secara “organis” (alamiah), seperti anak belajar bicara yaitu dengan meningkatkan kemampuan otak dalam mengenali, menyebut dan mengartikulasi kata – kata dan frasa baru tanpa repetisi yang berlebihan

2. SUPERLEARNING METHOD, Dr. Georgi Lozanov (guru besar Psikologi, Bulgaria), menggunakan latihan pernapasan dan musik
untuk membuat pikiran rileks. Dalam suasana nyaman dan tenang, otak akan mampu mengingat lebih banyak dan lebih lama. Selain menggunakan latihan pernapasam dan musik, metode ini juga menggunakan aktivitas permainan dan game

3. RASSIAS METHOD, Prof. John Rassias (pengajar di Darthmouth College, USA) menggabungkan teknik drama dalam kegiatan belajar bahasa. Dengan kegiatan berlatih drama (role play), ia menciptakan “konteks”, sehingga siswa dapat mengalami bahasa sebagai entitas yang hidup. Materi disajikan dalam sandiwara pendek. Siswa diharapkan bereaksi spontan dan natural. Metode ini juga menekankan pada kemampuan berbicara dan belajar perihal budaya di balik bahasa tersebut.

4. MICHEL THOMAS METHOD, Proses kegiatan belajar merupaka tanggung jawab guru bukan siswa, siswa hanya dituntut untuk mengikuti petunjuk guru. Inti dari metode ini adalah men”dekontruksi” bahasa dan menyajikannya dalam potongan – potongan yang mudah dicerna oleh siswa. Dengan metode ini, Thomas berhasil menguasai 11 bahasa asing.

5. BERLITZ METHOD, Maximilian Berlitz, lebih kurang 130 tahun lalu, kelahiran Jerman, seorang profesor bahasa Jerman dan Perancis. Metode ini menggunakan pola tanya jawab dan gambar. Metode ini tidak mengajarkan grammar formal. Siswa menyerap sistem gramatikal secara alamiah dengan mempraktekan bahasa. Siswa belajar berpikir dengan bahasa itu, hal tersebut membantu mereka lebih fasih. Dalam menggunakan waktu belajar, siswa membaginya ke dalam dua kegiatan. Separuh waktu untuk mendengar, separuh yang lain untuk mengucapkan. Unsur kosakata dan tata bahasa dipelajari langsung saat belajar. Kegiatan guru (instruktur) memperkenalkan aksen dan corak susunan percakapan yang berlainan sesuai kondisi tertentu. Bahasa pengantar adalah bahasa asing tersebut. Dalam praktek percakapan, guru langsung mengoreksi kesalahan. Buku ilustrasi digunakan untuk menjelaskan makna suatu kata.

6. CONVERSATION METHOD (METODE PERCAKAPAN), The British Istitute (TBI) menggunakan metode percakapan yang berlangsung secara interaktif antara guru dan siswa dengan mengacu pada “Material Book”. Sebagai daya tarik dan motivasi, diperkenalkan juga budaya negara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: